Begini Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Karena Disk Usage 100%

60 views

Begini Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Karena Disk Usage 100% - Windows 10 memang merupakan sistem operasi terbaru yang dibuat oleh Microsoft. Sistem operasi ini memang digembar gemborkan sebagai sistem operasi terbaik miliki Microsoft.

Mayoritas fitur yang ada di dalam Windows 10 memang patut diakui sebagai fitur yang sangat luar biasa membantu melakukan pekerjaan secara efisien. Namun demikian, ada satu masalah yang hampir selalu dirasakan oleh mayoritas pengguna sistem operasi terbaru ini.

Ya, masalah Windows 10 lemot memang yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna. Masalah ini paling terasa setelah sistem Windows mulai selesai melakukan booting.

Jika diperhatikan, kemungkinan besar penyebab Windows 10 lemot setelah komputer atau laptop mulai masuk ke menu welcome itu dikarenakan tingginya disk usage. Disk usage yang tinggi (bahkan sering menyentuh 100% ketika dilihat dari task manager) memang berpotensi menyebabkan sistem operasi menjadi terasa sangat lemot.

Mau tau lebih lanjut mengenai apa hubungan disk usage tinggi dengan Windows 10 lemot dan juga bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Baca selengkapnya di artikel ini.

Begini Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Karena Disk Usage 100%

Hubungan Disk Usage Tinggi Dengan Sistem Operasi Windows 10 Lemot

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah windows 10 lemot saat booting yang disebabkan oleh tingginya penggunaan hard disk, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa hubungan antara disk usage tinggi dengan sistem operasi Windows 10 lemot.

Sistem operasi Windows 10 memang tidak salah disebut sebagai salah satu produk terbaik dari Microsoft. Namun demikian, Windows 10 ini adalah sistem operasi yang cukup sering membuat hard disk bekerja sangat berat.

Baca:  Tips Cara Mendownload Puluhan Foto Dan Video Di Instagram

Ketika hard disk bekerja terlalu berat, bahkan bisa hingga 100%, secara otomatis anda akan merasakan laptop atau komputer terasa sangat lemot dan bahkan sampai mengalami freeze atau hang.

Hal ini memang bisa diatasi dengan melakukan penggantian tempat penyimpanan data dengan menggunakan teknologi baru yaitu SSD. Namun demikian, SSD juga tidak terlalu banyak membantu mengatasi masalah Windows 10 lemot ini.

Daripada membuang uang untuk membeli SSD dan nyatanya juga tidak terlalu membantu mengatasi masalah Windows 10 lemot saat startup, anda bisa mencoba mengatasi masalah lemotnya sistem operasi Windows 10 karena disk usage yang terlalu tinggi tersebut dengan menggunakan beberapa cara yang dibagikan di artikel ini.

2 Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Lemot yang Disebabkan Disk Usage yang Terlalu Tinggi

Bagi anda yang sering merasakan masalah Windows 10 lemot pada laptop maupun komputer yang anda gunakan karena disk usage terlalu tinggi, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Mematikan fungsi Windows search

Salah satu penyebab utama disk usage di sistem operasi Windows 10 sangat tinggi adalah karena fungsi Windows search benar-benar dimaksimalkan.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah Windows 10 lemot karena disk usage yang terlalu tinggi, anda disarankan untuk mencoba mematikan fungsi Windows search.

Untuk mematikan fungsi Windows search sementara waktu saja, anda bisa melakukannya melalui command prompt. Buka command prompt dari logo Windows yang berada di kiri bawah layar.

Baca:  Trik Memperbaiki Komputer yang Tidak Bisa Booting

Klik kiri tepat diatas logo Windows tersebut dan pilih command prompt admin. Setelah ada layar hitam yang muncul, ketikkan net.exe stop “windows search”. Setelah itu, tekan enter.

Beberapa saat setelah anda menekan enter, cek kembali apakah disk usage di task manager sudah mulai menurun. Jika memang disk usage mulai turun setelah anda mematikan fungsi Windows search, maka anda wajib mematikan fungsi tersebut secara permanen untuk mengatasi masalah Windows 10 lemot.

Cara mematikan fungsi Windows search secara permanen tidak bisa dilakukan menggunakan command prompt. Untuk mematikan fungsi tersebut secara permanen, anda harus mengakses filenya melalui run.

Cara mengakses run di Windows 10 adalah dengan menekan tombol Windows dan tombol R di keyboard secara bersamaan. Setelah anda berhasil mengakses run, selanjutnya ketikkan services.msc di kolom run. Setelah itu tekan enter.

Temukan fungsi Windows search di kolom yang ditampilkan di layar monitor. Setelah itu, ketuk 2 kali file Windows search untuk mengakses properties dari file tersebut. Ganti start up type yang semula automatic menjadi disabled. Setelah itu tekan tombol apply dan dilanjutkan dengan tombol ok.

2. Matikan fitur Superfetch

Windows 10 mempunyai satu fitur luar biasa yang disebut dengan Superfetch. Dengan adanya fitur tersebut, sistem operasi Windows 10 bisa melakukan booting lebih cepat dari versi sebelumnya.

Baca:  Tips Mengatasi Laptop Cepat Panas & Mati Sendiri

Namun sayangnya, fitur tersebut juga merupakan salah satu penyebab Windows 10 lemot karena tingginya disk usage. Bagi anda yang selama ini sudah cukup jengkel dengan masalah Windows 10 lemot, mau tidak mau anda juga harus mematikan fitur Superfetch ini.

Untuk mematikan fitur Superfetch ini, anda bisa melakukannya dengan menggunakan command prompt. Akses command prompt admin dan ketikkan net.exe stop superfetch. Setelah itu tekan tombol enter.

Sampai saat ini, sudah ada cukup banyak pengguna sistem operasi Windows 10 yang berhasil mengatasi masalah Windows 10 lemot akibat disk usage hingga 100% dengan menggunakan salah satu dari 2 cara tersebut.

Bagaimana dengan anda? Jika anda sudah mencoba mengatasi masalah Windows 10 lemot dengan menggunakan 2 cara yang dibahas di artikel ini, bagikan pengalaman anda juga ya di kolom komentar.

Loading...

Begini Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Karena Disk Usage 100%

-60

Tags: #Windows 10 lemot #windows 10 lemot 2017 #windows 10 lemot internet #windows 10 lemot kenapa #windows 10 lemot saat booting #windows 10 lemot saat startup #windows 10 lemot setelah update

Leave a reply "Begini Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Karena Disk Usage 100%"