Pengertian Dan Perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, Dan Malware – Apaan Sih Maksudnya?

Pengertian Dan Perbedaan VIRUS, BLOATWARE, SPYWARE, Dan MALWARE - Di jaman semakin maju teknologi dan ancaman utama pada komputer Anda adalah virus dan malware, bloatware juga berpotensi untuk membagi informasi pribadi bahkan juga berperan dalam memperlambat kinerja PC Anda.

Sobat Teknosia, apakan Anda sudah mengetahui perbedaan antara istilah tersebut, mengingat bahwa nama-nama istilah di atas tadi sebenarnya sangat mirip dan dalam kemampuannya juga hampir sama?

Mari kita coba bahas untuk memecahkan kode pengertian dan perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, dan Malware yang ada di dalamnya. Penasaran? Silahkan simak artikel di bawah ini.

Pengertian Dan Perbedaan VIRUS, BLOATWARE, SPYWARE, Dan MALWARE

Pengertian Dan Perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, Dan Malware

VIRUS

Pekerjaan virus adalah menyuntikkan kode ke PC Anda, yang kemudian bisa melakukan berbagai hal dalam PC, dan kemudian menginfeksi PC atau Laptop lain yang berhubungan dengan PC Anda. Hal ini adalah kemampuan mereka untuk mereplikasi diri yang membuat mereka menjadi virus, dan mereka adalah ancaman keamanan tertua dalam dunia teknologi komputer. Banyak kemampuan jahat yang bisa dilakukan virus, termasuk hal-hal seperti keylogging, dimana hacker bisa melihat setiap gerakan interaksi mouse dan keyboard.

Beberapa virus bahkan bisa membuat hacker memperhatikan apa yang Anda lakukan secara real-time, dan bahkan mengaktifkan kamera web Anda atau mikropon. Beberapa hacker melakukan hal ini hanya untuk mainan dengan subjek mereka, Sebagian besar lainnya ingin mendapat keuntungan, misalnya mereka akan mencari-cari rincian bank dan kartu kredit Anda. Mereka juga bisa menginstal perangkat lunak penambangan mata uang bit-coin, yang akan menggunakan CPU Anda untuk menambang bit-coin sementara Anda sendiri tidak menyadarinya. Aplikasi Counter Strike Go untuk Klien, yang sebenarnya dirancang khusus untuk menghilangkan kecurangan pada saat turnamen tertentu, ternyata telah ditemukan aplikasi penambangan mata uang bit-coin ini, dan melakukan instalasi tanpa persetujuan dari penggunanya.

Baca:  Microsoft Security Essentials (MSE), Antivirus Terbaik dari Microsoft untuk PC Windows

Cara lain untuk membuat keuntungan dari komputer Anda dengan menggunaka virus adalah mengubahnya menjadi bagian dari jaringan yang lebih besar lagi, virus ini dikenal sebagai botnet, dimana ratusan atau ribuan PC yang terinfeksi semuanya bisa disewakan oleh pemilik botnet ke hacker lainnya, dan digunakan untuk meluncurkan Distributed Denial of Service (DDoS) menyerang server, atau untuk menyembunyikan jejak mereka saat mereka kembali ke sistem lainnya. Selanjutnya pada tahun 2017 kita mendapat berita mengejutkan mengenai Ransomware. Ini puncak fenomena paling jahat karena hacker menyembunyikan semua data penting Anda, dan kemudian hanya mau mengembalikannya begitu uang tebusan telah dibayar.

MALWARE

Malware adalah istilah saja dan merupakan singkatan dari Malicious Software (Perangkat Lunak Berbahaya), dan mencakup berbagai ancaman yang berbeda, seperti spyware, worm, adware dan sejenisnya, termasuk virus. Berbeda dari virus, Malware biasanya fokus pada penyimpangan keamanan terbaru, seperti eksploitasi zero-day. Malware biasanya dikirim lewat website.

Sobat Teknosia pernah mengunjungi situs web dan tiba-tiba muncul pop-up yang menjengkelkan di layar, mengklaim bahwa PC Anda terinfeksi virus, dan Anda diminta klik tombol untuk menghapus virusnya? Cara mudah untuk mengtahui apakah popup tersebut Malware adalah tidak dapat ditutup seperti situs web biasa, tidak ada tombol X di kanan atas untuk diklik.

Cara menghindari Malware sangat mudah yaitu langsung matikan browser PC Anda. Jika Anda klik tombol pop-upnya, website tersebut bisa mengirim kode jahat yang kemudian memungkinkan Malware menyuntikkan virus.

Baca:  VGA AMD Radeon dan Nvidia Geforce, Mana yang Lebih Unggul?

SPYWARE

Spyware melakukan persis seperti namanya, yaitu mencatat semua hal yang dilakukan pengguna, seperti yang dijelaskan di atas di bagian virus.

BLOATWARE

Bloatware adalah istilah nama yang diberikan ke perangkat lunak yang tidak diperlukan pada PC Anda. Pada umumnya bloatware tidak jahat, dan berjanji memberikan banyak manfaat bagi penggunanya, namun sebenarnya kita tidak membutuhkannya.

Anda pasti sering temukan bloatware pada disk instalasi pada saat membeli motherboard dan yang lainnya karena produsen dibayar untuk memasukkan aplikasi bloatware pada CD/DVD yang disertakan dalam penjualannya. Untuk menghindari Bloatware, kami sarankan jangan gunakan aplikasi yang ada dalam CD/DVD yang disertakan dengan PC Anda, dan sebagai gantinya silahkan download semua driver yang diperlukan langsung dari produsen.

ADWARE

Adaware ini adalah bagian software yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan atau mengarahkan Anda ke website lainnya yang berisi iklan juga. Sekarang sudah banyak anti-malware bagus yang akan memblokir semua Adaware di atas, kami sangat merekomendasikan aplikasi seperti Malwarebytes.

Utamakan Keamanan Daripada Menyesal Kemudian

Sobat Teknosia, itulah pengertian dan perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, dan Malware yang bisa kami sampaikan. Jika artikel di atas membuat Anda menjadi sangat paranoid apakah sistem PC anda telah disusupi virus atau tidak, jangan takut ya. Jika Anda mengikuti petunjuk di atas, sangat tidak mungkin PC Anda menjadi sasaran.

Baca:  4 Keyboard Gaming Terbaik Dengan Harga Terjangkau
Loading...

Pengertian Dan Perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, Dan Malware - Apaan Sih Maksudnya?

-16

Tags: #BLOATWARE #Dan MALWARE #Pengertian VIRUS #SPYWARE

  1. Serangan Mobile Malware Tahun 2017 Meningkat Dibanding Tahun 20166 days ago

    […] Pada akhir tahun ini, SECURITY FIRM ZIMPERIUM telah merilis statistik yang dikumpulkan dari jaringan para pelanggannya, mereka mengungkapkan bahwa ada lebih banyak kerentanan yang ditemukan untuk Android dan iOS pada paruh pertama tahun 2017 daripada yang ada sepanjang tahun lalu. Baca Pengertian Dan Perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, Dan Malware – Apaan Sih Maksudnya?. […]

    Reply

Leave a reply "Pengertian Dan Perbedaan Virus, Bloatware, Spyware, Dan Malware – Apaan Sih Maksudnya?"