Ini Fitur Windows 10 yang Disarankan Untuk Dimatikan Karena Alasan Privasi

73 views

Ini Fitur Windows 10 yang Disarankan Untuk Dimatikan Karena Alasan Privasi - Sistem operasi Windows 10 memang jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Bahkan banyak pengamat teknologi yang juga menyatakan bahwa Windows 10 memiliki chance yang sangat besar untuk bisa mengalahkan sistem operasi buatan Apple. Tidak percaya? Silahkan baca artikel Kelebihan Windows 10 Terbaru yang Membuat Pengguna OS Mac Gigit Jari.

Namun terlepas dari hal tersebut, sebenarnya ada cukup banyak fitur Windows 10 yang kurang begitu bermanfaat khususnya bagi pengguna. Bahkan fitur-fitur yang tersemat di dalam sistem operasi Microsoft terbaru tersebut ada beberapa yang membahayakan privasi pengguna.

Karena alasan melindungi privasi, maka anda yang saat ini menggunakan sistem operasi Windows 10 di laptop atau komputer mau tidak mau harus mematikan beberapa macam fitur Windows 10.

Mau tau apa saja fitur Windows 10 yang disarankan untuk dimatikan demi menjaga privasi anda tersebut? Pelajari lebih lanjut menngenai fitur Windows 10 tersebut di artikel ini.

Ini Fitur Windows 10 yang Disarankan Untuk Dimatikan Karena Alasan Privasi

3 Macam Fitur Windows 10 yang Sangat Membahayakan Privasi Anda Jika Tidak Dinonaktifkan

Bagi anda pengguna sistem operasi Windows 10, anda memang sangat disarankan untuk mematikan beberapa macam fitur Windows 10 demi menjadi privasi anda.

Baca:  Run As Administrator di Windows dan Fungsinya

Berikut ini merupakan beberapa macam fitur Windows 10 yang sangat disarankan untuk dinonaktifkan jika anda tidak ingin privasi anda terganggu:

1. Semua fitur yang ada di dalam menu privasi

Di dalam menu pengaturan Windows 10 terdapat satu menu khusus yang mengatur semua hal tentang privasi pengguna.

Di dalamnya terdapat berbagai macam fitur khusus seperti memberikan ijin Microsoft untuk menggunakan ID pengguna yang anda miliki untuk menentukan pengalaman anda ketika menggunakan berbagai macam aplikasi.

Selain itu, ada juga fitur yang membuat website-website yang anda jelajahi secara otomatis menampilkan tulisan sesuai dengan bahasa yang anda gunakan.

Data-data yang didapatkan dari fitur-fitur tersebut bisa digunakan untuk banyak hal, salah satunya adalah untuk menentukan iklan apa yang paling tepat untuk ditampilkan di depan monitor anda.

Jika anda tidak ingin terganggu dengan iklan-iklan atau setidaknya mencegah tampilan iklan yang tepat untuk anda, maka anda bisa melakukannya dengan mematikan semua fitur Windows 10 yang ada di menu privasi ini.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengakses menu privasi ini, anda bisa mengaksesnya dengan menekan tombol Windows bersamaan dengan tombol I pada keyboard.

2. Fitur getting to know

Fitur getting to know memang sangat dibutuhkan terutama bagi anda yang ingin menggunakan fitur Cortana (asisten virtual yang ada di Windows 10). Fungsi utama dari fitur getting to know pada Windows 10 adalah untuk mencatat berbagai macam kebiasaan anda ketika menggunakan laptop atau komputer.

Baca:  VGA AMD Radeon dan Nvidia Geforce, Mana yang Lebih Unggul?

Data-data tersebut kemudian akan digunakan oleh Cortana untuk membantu anda menjalankan berbagai macam pekerjaan di laptop atau komputer sehingga menjadi lebih efisien.

Namun sayangnya, fitur Windows 10 tersebut juga sekaligus menyimpan berbagai macam hal yang anda ketikkan pada keyboard. Hal ini jelas sangat berbahaya jika sampai jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Bayangkan saja, berapa banyak kerugian anda jika setiap hari anda menggunakan komputer atau laptop untuk urusan transaksi online dan data anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, fitur getting to know ini juga termasuk salah satu fitur Windows 10 yang disarankan untuk dimatikan. Memang anda tidak akan bisa menggunakan fitur Cortana secara maksimal dengan mematikan fitur getting to know.

Namun demikian, hal tersebut masih dinilai lebih baik dibandingkan data penting yang anda miliki sampai jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Fitur bandwith sharing saat melakukan update sistem operasi

Microsoft menggunakan server dengan sistem peer to peer, khususnya untuk urusan update sistem operasi Windows 10. Yang dimaksud dengan peer to peer adalah satu sistem yang membagikan bandwith internet anda kepada pengguna lain.

Sistem ini memang dimaksudkan untuk membantu mempercepat proses pengunduhan file update sistem operasi Windows 10. Namun masalahnya, kuota internet anda akan jauh lebih boros ketika fitur ini aktif.

Baca:  Tips dan Trik Cara Membersihkan Layar Laptop atau LCD

Anda harus menggunakan kuota internet lebih besar dari ukuran file yang anda unduh karena sebagian kecil kuota internet anda dibagikan kepada pengguna lain. Hal ini memang tidak akan menjadi masalah besar bagi anda yang sudah menggunakan koneksi internet unlimited.

Namun demikian, anda yang menggunakan internet unlimited juga tetap disarankan untuk mematikan fitur Windows 10 ini. Kenapa? Karena kita tidak pernah mengetahui seaman apakah jaringan server tersebut.

Jika fitur Windows 10 yang membagikan bandwith internet kepada pengguna lain ini terus diaktifkan, bisa jadi komputer atau laptop anda disusupi oleh malware yang dibuat oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Jadi bagaimana menurut anda mengenai 3 fitur Windows 10 yang paling disarankan untuk dinonaktifkan tersebut? Apakah anda juga setuju jika 3 fitur Windows 10 tersebut sangat berbahaya jika terus menerus diaktifkan? Ataukah anda justru berpendapat sebaliknya?

Loading...

Ini Fitur Windows 10 yang Disarankan Untuk Dimatikan Karena Alasan Privasi

5.073

Tags: #bandwith sharing #fitur baru di windows 10 #fitur berbahaya Windows 10 #fitur windows 10 #getting to know #windows 10 fitur

Leave a reply "Ini Fitur Windows 10 yang Disarankan Untuk Dimatikan Karena Alasan Privasi"