Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Laptop Lemot

53 views

Banyak orang mengeluhkan masalah laptop yang digunakannya semakin lama semakin lambat. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menjadi penyebab laptop lemot.

Yang lebih parahnya lagi, mayoritas penyebab laptop lemot disebabkan dari kebiasaan buruk pengguna sendiri. Namun sayangnya, masih belum banyak orang yang menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan ketika menggunakan laptop tersebut ternyata dapat menyebabkan kecepatan laptop menurun. Baca juga Beberapa Penyebab Laptop Atau Notebook Mati Total Atau Tidak Bisa Hidup.

Apakah anda sudah mengetahui tentang apa saja kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab laptop lemot tersebut? Bagi anda yang belum mengetahui tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab laptop lemot, ada baiknya anda pelajari hal tersebut di artikel ini.

Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Laptop Lemot

5 Kebiasaan Pengguna yang Bisa Menjadi Penyebab Laptop Lemot

Jika anda tidak ingin mengalami masalah ketika menggunakan laptop, terutama masalah laptop yang menjadi semakin lambat, ada baiknya hindari melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini:

  1. Terlalu banyak memasang software yang tidak terlalu dibutuhkan

Kebiasaan buruk pertama yang bisa menjadi penyebab laptop lemot adalah terlalu banyak memasang software yang tidak terlalu dibutuhkan.

Baca:  Deretan Laptop Harga 4 Jutaan yang Sudah Dilengkapi Kartu Grafis

Anda perlu tau bahwa beberapa software meskipun tidak digunakan terkadang tetap menambah beban saat booting. Oleh sebab itu, jika anda tidak ingin laptop anda semakin lama semakin lambat, sebaiknya perhatikan apa saja software yang anda pasang di dalamnya.

Jangan sampai anda memasang terlalu banyak software yang sebenarnya sangat jarang anda gunakan. Pastikan untuk memasang software yang benar-benar anda butuhkan saja.

  1. Terlalu banyak menyimpan data tidak penting di dalam partisi sistem

Kebiasaan buruk kedua yang juga cukup sering menjadi penyebab laptop lemot adalah menyimpan terlalu banyak data tidak penting di partisi sistem. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh orang-orang yang hobi mengunduh file secara online.

Ketika anda mengunduh file secara online, biasanya file tersebut akan tersimpan di drive C, dimana sistem operasi terpasang. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kapasitas hard disk di drive C lama kelamaan akan penuh karena file yang diunduh.

Jika kapasitas bebas di drive C sudah terlalu sedikit, jelas laptop anda akan terasa semakin lambat. Kenapa? Karena sistem operasi tidak bisa berfungsi secara maksimal ketika tidak ada ruang penyimpanan kosong lagi.

Jika memang anda biasa mengunduh file secara online, baik berupa musik, film, maupun data apapun, sebaiknya segera pindahkan data tersebut di drive lain. Jangan menyimpan terlalu banyak data di drive C.

  1. Tidak pernah membersihkan laptop

Selain dikarenakan data yang menumpuk, laptop yang semakin lama semakin lambat juga bisa disebabkan karena anda tidak pernah membersihkan laptop anda.

Baca:  5 Merk Laptop Gaming Murah Dan Terbaik 4 Jutaan 2017

Kondisi laptop yang terlalu kotor juga bisa menjadi penyebab laptop lemot. Kenapa? Karena sirkulasi udara di dalam laptop biasanya tertutup debu. Jika sirkulasi udaranya kotor, jelas suhu laptop anda akan terus meningkat ketika digunakan.

Karena suhunya meningkat, jelas kinerja dari komponen-komponen laptop akan mengalami penurunan. Hal ini bahkan bisa sampai menyebabkan kerusakan permanen.

Oleh sebab itu, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk membersihkan laptop anda dari debu, terutama pada bagian ventilasi udara yang terletak di bagian samping dan juga belakang laptop anda.

  1. Terlalu sering memasang ulang sistem operasi

Kebiasaan buruk pengguna laptop yang secara tidak langsung juga menjadi penyebab laptop lemot adalah terlalu sering memasang ulang sistem operasi.

Jika laptop mulai terasa lambat, memang solusi paling cepat adalah memasang ulang sistem operasi. Setelah dipasang ulang, memang laptop biasanya akan terasa lebih cepat kinerjanya.

Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah laptop yang lambat. Kenapa? Karena terlalu sering memasang ulang sistem operasi ternyata justru bisa memperpendek umur hard disk.

Jika hard disk laptop mulai mengalami kerusakan, jelas laptop anda akan terasa semakin lambat secara permanen. Satu-satunya solusi jika hard disk anda sudah mengalami kerusakan adalah dengan menggantinya dengan yang hard disk baru.

  1. Tidak memasang atau memperbarui antivirus

Laptop bisa terasa semakin lambat juga disebabkan oleh serangan virus. Laptop bisa dengan mudah terserang virus biasanya disebabkan karena penggunanya tidak memasang atau memperbarui antivirusnya.

Baca:  Merk Laptop Acer Terbaik Harga 3 Jutaan Terbaru 2017

Jadi mulai sekarang, sebaiknya jangan sampai tidak memasang antivirus atau tidak memperbarui antivirus di laptop anda ya.

Bagaimana? Apakah ada salah satu dari 5 kebiasaan buruk penyebab laptop lemot yang selama ini sering anda lakukan? Jika anda sering melakukan salah satu dari kebiasaan buruk tersebut, ada baiknya mulailah hilangkan kebiasaan tersebut. Jadi sekarang anda sudah paham bukan bahwa penyebab laptop lemot sebenarnya karena kesalahan penggunanya.

Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Laptop Lemot

-53

Tags: #laptop lemot #membersihkan laptop #penyebab laptop lemot

Loading...

Leave a reply "Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Bisa Menjadi Penyebab Laptop Lemot"