5 Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai

151 views

5 Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai – Ditahun 2017 ini banyak sekali ponsel yang menggunakan desain unibody yang membuat bagian ponsel menjadi satu. Salah satu kelebihan desain unibody ini, bagian dalam smartphone seperti baterai lebih aman jika terjatuh. Namun ada kelemahan dari desain ini, salah satunya adalah baterai yang tidak bisa manual kita ganti atau non-removable baterai.

Karena mengganti baterai pada perangkat non-removable seperti ini sangat sulit, maka perlu kehati-hatian dalam merawatnya. Kebanyak pengguna tidak terlalu memperhatikan soal perawatan smartphone. Padahal perawatan sangat penting untuk menjaga kinerja smartphone tetap maksimal. Dan untuk perawatan smartphone yang non-removable baterai sedikit berbeda dengan ponsel berdesain biasa.

Salah satunya adalah umur masa guna baterai. Jika smartphone digunakan terus menerus tanpa pernah mati dengan charger terus menerus atau menggunakan power bank. Maka akan membuat usia baterai menjadi lebih rendah. Jika smartphone biasa, apabila mengalami masalah dengan baterai, maka cukup dengan mengganti baterai baru dan bisa dilakukan sendiri. Namun hal ini tidak sesimpel jika kita menggunakan smartphone non-removable baterai.

Baca:  Inilah Cara Mudah Mematikan Antivirus Pada Komputer

Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai

Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai

Dan kali ini kami akan berbagi beberapa tips efektif untuk merawat baterai smartphone non-removable, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang usia pakai bateraimu. Berikut beberapa caranya :

  1. Batasi penggunaan GPS

Jika ponsel dalam keadaan tidak digunakan pastikan untuk menonaktifkan fitur GPS dan Wifi. Kadang kala kita tidak sengaja atau lupa untuk mematikan dua fitur ini. Selain akan membuat ponsel terus menerus bekerja dan mengurangi sumber daya baterai, mengaktifkan fitur GPS dan Wifi akan mengurangi kuota internet kamu. Apalagi jika kamu berada di wilayah yang sulit sinyal, Smartphone akan bekerja ekstra keras untuk mencari sinyal. Maka dari itu, selalu cek kondisi GPS dan Wifi apakah sedang aktif atau tidak saat ponsel tidak digunakan.

  1. Batasi Penggunaan Aplikasi dan Game

Beberapa aplikasi dapat membuat smartphone kehabisan daya baterai, seperti aplikasi game. Apalagi sering sekali kita lihat orang bermain game sambil mengisi daya terus menerus baik menggunakan power bank atau langsung ke sumber daya listrik. Saat bermain game, smartphone bekerja terus menerus, ditambah sambil mengisi daya akan membuat baterai tidak kunjung penuh, bahkan jika penuh akan cepat habis, apalagi jika memainkan game online.

  1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu instal untuk membantu menghemat daya baterai, salah satunya adalah Battery Callibration. Aplikasi seperti ini biasanya akan menampilkan data dari aplikasi yang menggunakan resource smartphone. Jika ada aplikasi yang terlalu banyak menggunakan sumber daya dan tidak terlalu penting, maka aplikasi ini akan menyarankan untuk menutupnya.

Baca:  7 Tips Membuat Password yang Kuat Ala Microsoft

Battery-Callibration

  1. Menggunakan Jaringan Yang Stabil

Salah satu trik untuk menghemat baterai dan merawat smartphone adalah dengan mengatur tipe jaringan yang digunakan. Provider seperti Telkomsel, Xl, Indosat, Three sudah mendukung penggunaan 4g LTE. Namun tidak semua daerah sudah terjangkau oleh layanan ini. Jika kamu memiliki paketan 4G dan menyeting menggunakan 4G sebagai prioritas, maka saat kamu berada didaerah yang tidak mendukung 4G stabil, ponsel akan bekerja terus menerus untuk mencari sinyal. Dan ini akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas. Yang akan membuat daya baterai cepat habis dan umur baterai berkurang.

  1. Cabut charger setelah penuh dan Jangan mengisi daya saat malam hari

Banyak orang yang lupa untuk mencabut charger hape saat malam hari. Sering kita jumpai, orang-orang mengisis daya saat tidur dan baru mencabut charger saat pagi hari dan kebanyakan orang tidak tahu bahayanya. Baterai yang dicharger terus-menerus akan memperpendek masa guna pakai baterai. Banyak juga kasus hape meledak saat diisi daya dan ditinggal tidur.

Itulah 5 tips untuk merawat baterai non-removable agar lebih awet dan tahan lama. Awet tidaknya baterai smartphone tergantung cara pemakaian kita. Dan jangan lupa jika harga mengganti baterai non-removable lebih mahal dari pada harga baterai biasa.

Loading...

5 Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai

-151

Tags: #baterai #Battery Callibration. #Non-Removable #Non-Removable Baterai

Leave a reply "5 Cara merawat Smartphone Dengan Non-Removable Baterai"