6 Cara dan Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus, Ada WannaCry… No Cry!

6 Cara dan Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus - Ransomware WannaCry melanda puluhan Negara termasuk di Indonesia, beberapa rumah sakit terkena dampaknya. Sobat Teknosia, dalam artikel ini kita tidak membahas ransomware WannaCry, melainkan cara dan tips mengamankan komputer agar terbebas dari virus.

Setiap orang pasti pernah mengalami laptop atau komputernya virusan. Virus di komputer atau di laptop tentu saja sangat merepotkan, apalagi jika anda selalu menggunakan komputer atau laptop untuk bekerja atau menyelesaikan tugas-tugas. Virus sendiri jika tidak dihapus atau dihilangkan akan berdampak sangat negatif, misalnya data-data akan hilang dan bahkan merusak komputer. Karena itulah, sebaiknya anda mengetahui cara dan tips mengamankan komputer agar terbebas dari virus.

Virus sendiri dapat merusak perangkat lunak komputer hanya dengan menyisipkan atau menyalinkan dirinya ke sebuah program ataupun dokumen. Bahkan untuk kasus yang lebih parah, virus tersebut dapat saja merusak perangkat keras komputer, akan tetapi memang tidak secara langsung yaitu dengan memaksa proses terus menerus.

Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus

Cara dan Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus

1# Aktifkan Firewall

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengaktifkan firewall. Firewall ini bermanfaat karena dapat mengontrol akses keamanan antara jaringan internal dengan jaringan yang tidak dipercaya. Selain itu, firewall ini juga dapat melakukan autentifikasi akses dan melindungi sumber daya jaringan internal serta mencatat semua kejadian dan melaporkannya kepada administrator.

Baca:  Cara Memperbaiki USB Flashdisk Write Protected

2# Jangan remehkan email aneh atau spam

Saat ini penyebaran virus yang paling mudah adalah melalui email. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan memaksakan diri membuka email spam apalgi dari sumbe yang tidak jelas. File-file tersebut diduga mengandung sejumlah virus atau malware yang dapat merusak data-data penting di komputer. Selain itu, apabila anda mendapatkan email diserta lampiran attachment maka lakukanlah proses scan terlebih dahulu sebelum membukanya.

3# Jangan sembarangan install aplikasi

Jangan sembarangan install aplikasi, apalagi aplikasi yang tidak dibutuhkan. Maka pastikan bahwa aplikasi yang anda install memang benar-benar anda butuhkan. Sembarangan menginstall aplikasi dapat merusak laptop atau komputer anda sendiri.

4# Gunakanlah anti virus

Selanjutnya adalah gunakan anti virus karena bermanfaat dalam melindungi komputer atau laptop dari serangan atau akses virus, trojan dan worm. Menggunakan antivirus dapat memindai berbagai macam aplikasi atau file yang terinfeksi virus sehingga perangkan kita dapat terlindungi. Banyak sekali pilihan antivirus yang dapat anda coba mulai dari yang gratis sampai yang berbayar, itu semua tergantung keinginan anda.

5# Lakukan pemindaian secara rutin

Lakukanlah scanning dengan menyeluruh terhadap sistem dan selalu scan terlebih dahulu media penyimpanan eksternal yang akan atau sedang terhubung dengan komputer anda. langkah seperti ini dapat mencegah terjadinya penyebaran virus yang akan dibawa dari piranti seperti FD atau SD card.

Baca:  Cara Ampuh Untuk Mempercepat Koneksi Internet di Komputer

6# Baca terlebih dahulu ketika menginstall program

Jangan sembarangan ketika menginstall program pastikan anda membaca terlebih dahulu karena suatu program bianya meminta persetujuan untuk menginstall program-program addtional.

Sebaiknya anda mengetahui cara dan tips mengamankan komputer agar terbebas dari virus agar komputer atau laptop selalu aman dan terjaga.

6 Cara dan Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus, Ada WannaCry... No Cry!

-98

Tags: #firewall #komputer #Tips Mengamankan Komputer #virus #wannaCry

Leave a reply "6 Cara dan Tips Mengamankan Komputer Agar Terbebas dari Virus, Ada WannaCry… No Cry!"