Benarkah Ponsel Xiaomi Terinstal Malware Bawaan

95 views

Teknosia.org - Sobat Teknosia, sebuah kabar buruk menimpa para pengguna smartphone Xiaomi, hal ini dikabarkan dari bluebox salah satu perusahaan mobile security yang menyebutkan adanya sebuah temuan beberapa malware dari ponsel Xiaomi varian Mi4.

Malware Xiaomi M4

Xiaomi Mi4 yang langsung diimpor dari china telah membawa malware dan juga adware bawaan yang terdapat pada beberapa aplikasi seperti, PhoneGuardService, Yt Service dan AppStats.

Blubox sendiri mengatakan kalau adware yang terdapat pada Xioami Mi4 ini akan bekerja dengan cara menampilkan iklan yang mengganggu pada saat pengguna membuka aplikasi,  sedangkan malware yang terdapat pada AppStats akan bisa menarik lebih banyak malware ke smartphone mereka, pada saat pengguna terkoneksi dengan internet.

Menanggapi berita tidak sedap ini, pihak Xiamoi langsung angkat bicara dan menyatakan kalau perusahaan bluebox telah memberikan laporan yang tidak akurat, dan pihak Xiaomi menyatakan kalau perangkat resmi Xiamoi tidak tertanam dan tidak pernah terinstal malware secara bawaan (rooted).

Dan pihak Xiaomi mengklaim bahwa perangkat yang digunakan bluebox adalah perangkat yang tidak resmi atau perangkat tiruan yang di clone oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pihak Xiaomi sendiri masih mengumpulkan banyak informasi terkait laporan ini.

Besarnya pasar ponsel di Negara tirai bambu tersebut akan menjadi maraknya pihak ketiga yang akan menggelapkan software yang ada pada smartphone serta beredarnya produk tiruan yang sama persis dengan produk asli.  Pihak xiaomi mengatakan kalau hal ini pasti dialami oleh semua brand.

Baca:  HP Android Layar 5,5 Inch Murah 2017

Serta pengusaha retail juga akan banyak menambahkan adware dan malware pada perangkat-perangkat tiruannya dan bahkan memasang salinan software benchmarking seperti antutu atau CPU-Z yang sudah dimodifikasi, hal ini untuk mengelabuhi para penggunanya agar saat dites legimitasi dari berbagai perangkat tiruan tersebut akan memberikan informasi yang sama seperti perangkat aslinya. Dan cara ini akan banyak menipu pengguna bahkan pengguna cerdas sekalipun.

Dan Xiaomi sendiri sudah banyak mengupayakan berbagai cara untuk dapat menghentikan praktek dari para pembuat ponsel tiruan yang bisa merusak software xiaomi, usaha ini pun turut didukung oleh semua pihak berwenang di tiongkok, oleh karena itu, pihak Xiaomi juga menyarankan para penggunanya untuk selalu membeli perangkat Xiaomi melalui jalur resmi. Xiaomi sendiri hanya menjual berbagi perangkatnya melalui Mi.com dan beberapa mitra terpercaya termasuk operator seluler dan retail terpilih.

Sobat Teknosia, untuk anda yang merasa khawatir dengan kabar ini, nampaknya anda tidak perlu ragu atau mencemaskannya karena pihak xiaomi telah angkat bicara dan memberikan informasi kepada seluruh penggunanya kalau laporan yang terbitkan bluebox ada kesalahan pada perangkatnya.

Benarkah Ponsel Xiaomi Terinstal Malware Bawaan

-95

Tags: #Mi4 #Xiaomi #Xiaomi Mi4

Leave a reply "Benarkah Ponsel Xiaomi Terinstal Malware Bawaan"