Beberapa Penyebab Laptop Atau Notebook Mati Total Atau Tidak Bisa Hidup

Monday, May 4th 2015. | Tips, Ulasan

Beberapa Penyebab laptop atau notebook mati total  – Kebutuhan akan laptop atau juga notebook di golongan umur produktivitas misalnya mahasiswa, pekerja dan juga pelajar  pada saat ini memang sudah menjadi kebutuhan utama untuk dapat mendukung semua kegiatan  atau aktifitas. Apalagi sekarang ini jaringan atau koneksi internet sangat mudah untuk di dapatkan, jadi dengan penggunaan laptop lebih di sukai oleh kebanyakan orang karena laptop mudah di bawa kemana saja untuk mendukung semua aktifitas yang berhungan dengan komunikasi, hiburan bahkan pekerjaan.

Berbagai macam jenis merek kualitas dan spesifikasi laptop telah beredar di Indonesia. Berbagai macam model dan jenis tentunya juga dengan berbagai macam juga permasalahannya. Kerusakan pada laptop dapat dikategorikan menjadi dua poin utama, laptop mati total atau laptop no display, istilah umumnya adalah “blank on”. Laptop mati total dapat di artikan bahwa laptop tidak dapat menjalankan sistem power suplynya atau dikenal dengan sistem power down, tidak ada indikator sama sekali sewaktu laptop di tekan tombol powernya. Hal ini dapat terjadi karena masukan power dc dari adaptor tidak sampai pada sistem power suply stanby laptop.

Penyebabnya berbagai macam yang saling berkaitan, beberapa penyebab laptop atau notebook mati total yang paling mendasar dan sering terjadi pada umumnya di semua laptop adalah sebagai berikut :

a) Dc connector rusak
DC connector adalah sebuah penghubung adaptor dengan laptop, kerusakan ini terjadi karena lepas tancap yang tidak benar, posisi pemasangan connector yang tidak pas dan di paksa dapat menyebabkan dudukan connector pada laptop sering goyang, hal ini juga beberapa kali terjadi pada kasus di beberapa tempat service laptop.

b) Short 19 volt
Short 19 volt atau hubungan arus pendek pada tegangan 19v, karena tegangan 19volt adalah tegangan input dari adaptor, maka bisa terjadi konslet yang menyebabkan sistem input tegangan drop. Kerusakan ini terjadi pada komponen di dalam mainboard laptop, kebanyakan masalah terjadi pada capasitornya. Kerusakan seperti ini dapat di amati jika adaptor original laptop mempunyai lampu led, waktu kita tancapkan power adaptor ke laptop lampu led akan berkedip. Hal seperti ini dapat terjadi karena sistem proteksi pada adaptor bekerja memutus tegangan bila terjadi konsleting

c) Kerusakan pada IC power
IC power yang di maksud adalah ICpower yang di dalam rangkaian motherboard yang pertama kali menerima input tegangan 19v. IC ini berguna sebagai pintu buka tutup power laptop, dari baterai dan adaptor. Bila rangkaian dalam power suplay utama ini yang di gerakkan oleh IC power rusak, maka aliran DC listrik tidak akan dapat menyebar ke semua komponen yang ada di laptop.

d) Ac adaptor gagal dan baterai habis sepenuhnya
Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu uji ac adaptor. Jika memang mati, maka bisa jadi penyebab laptop atau notebook mati total adalah AC adaptor gagal dan juga baterai habis sepenuhnya. Maka ganti adaptor.

e) Motherboard laptop rusak
Jika motherboard pada laptop anda mengalami kerusakan, kemungkinan besar laptop tidak layak diperbaiki. Namun segeralah ganti motherboard dengan yang baru.

5 penyebab laptop atau notebook mati total di atas yang umumnya sering di jumpai. Meskipun beberapa kasus kerusakan tidak terjadi pada lima hal tersebut. Sehingga pada kasus yang bersifat lebih rumit, anda perlu melakukan pengecekan yang lebih mendetail lagi. Jika kasus tersebut terjadi, maka sebaiknya anda membawanya ke tempat service laptop. Semoga informasi di atas bisa membantu anda menemukan apa yang menjadi penyebab laptop anda mati total.

Beberapa Penyebab Laptop Atau Notebook Mati Total Atau Tidak Bisa Hidup

5